NEW VERSION : ARNAB DAN KURA-KURA

Selasa, November 08, 2011

Sleep Apnea?

1st time ak dengar istilah tu...bukan dengar tapi baca surat doktor refer seseorg ke klinik ENt. So ak pun tanya lah pakcik google..so ak terjumpa artikel ni..mungkin boleh di kongsi dengan semua apakah itu sleep apnea..sila baca dibawah ini untuk mengetahui apakah sleep apnea itu..

Sleep Apnea: Kelainan Tidur Yang Dapat Berakibat Fatal

Sleep Apnea merupakan gangguan atau kelainan yang ditandai dengan reduksi bahkan penghentian napas selama tidur. Kejadian ini umumnya terjadi pada orang dewasa dan sangat jarang terjadi pada anak-anak. Biasanya kondisi ini berhubungan dengan pengalaman penyakit seseorang. (Gambar 1 Skema Jalan Napas dan Obstruktif Pernapasan Pada Penderita Sleep Apnea)

Periode apnea selama serangan terjadi penurunan atau perhentian pernapasan secara tiba-tiba, selama 10 detik atau lebih. Jika penghentian bernapas sepenuhnya atau waktu kurang dari 25% dari napas normal dalam jangka waktu yang berlangsung selama 10 detik atau lebih. Hal ini meliputi penghentian aliran udara yang berdampak penurunan sekitar 4% oksigen dalam darah, sehingga secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen ke dalam darah.

Gangguan ini biasanya terjadi selama tidur. Ketika Sleep apnea ini terjadi, orang tersebut akan mengalami gangguan tidur karena gangguan pernapasan dan berkurangnya kadar oksigen dalam darah.

Dalam ilmu kedokteran, gangguan pernapasan dan keparahan gangguan tidur ini, diukur berdasarkan Apnea-Hypopnea Indeks (AHI) yaitu suatu indeks keparahan yang menggabungkan apneas dan hypopneas. Gambaran tingkat keparahan dari keseluruhan sleep apnea ini, termasuk gangguan tidur dan desaturations (tingkat rendahnya oksigen dalam darah). Indeks lain yang digunakan untuk mengukur sleep apnea adalah gangguan pernapasan indeks (Respiratory Defect Index).

untuk maklumat lanjut boleh lihat di sini ---> http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=34320

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

[url=http://www.mnpls.com/hello-16778.html][img]http://i.mnpls.com/167/16778.gif[/img][/url]